Jumat, September 12, 2008

PENGEMBANGAN EKONOMI RAKYAT MELALUI PEMBANGUNAN DAERAH TINGKAT II

Pembangunan nasional merupakan wahana bagi kita untuk membangun kualitas manusia dan kualitas masyarakat Indonesia yang maju dan mandiri. Bangsa yang maju dan mandiri dibangun oleh manusia yang berkualitas dengan dasar ekonomi yang kukuh dan mandiri. Bangsa yang maju dan mandiri ditumbuhkan melalui peningkatan peranserta, produktivitas rakyat, dan efisiensi yang selanjutnya menjadi kekuatan dinamis bangsa yang memungkinkan pembangunan berkelanjutan.
Pembangunan daerah adalah semua kegiatan pembangunan sektoral, dan regional yang berlangsung di daerah, yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Pembangunan daerah tersebut diarahkan untuk memacu pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, menggalakkan prakarsa dan peran aktif masyarakat serta meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara optimal dan terpadu dalam mengisi otonomi daerah yang nyata, dinamis, serasi, dan bertanggung jawab serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu pembangunan daerah diarahkan untuk lebih mengembangkan dan menyerasikan laju pertumbuhan antardaerah, antara kota dan desa, antarsektor. Percepatan pembukaan pembangunan kawasan timur Indonesia, daerah terpencil, daerah minus, daerah kritis, daerah perbatasan dan daerah terbela¬kang lainnya, yang disesuaikan dengan prioritas dan potensi daerah bersang¬kutan.
Pembangunan yang kita laksanakan adalah pembangunan yang ber¬tumpukan pada prakarsa dan kreativitas masyarakat. Pembangunan yang bertumpukan pada peraserta rakyat diselenggarakan secara merata di semua lapisan masyarakat dan di seluruh wilayah tanah air. Setiap warga negara berhak atas taraf kesejahteraan yang layak serta berkewajiban ikut serta dalam upaya mewujudkan kemakmuran rakyat. (selengkapnya click --> Download )

0 komentar: