Minggu, September 14, 2008

PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA , MENUJU DESA YANG MANDIRI DAN BERKELANJUTAN

Pembangunan merupakan suatu proses yang berdimensi jamak (multidimensional), mencakup perubahan orientasi dan organisasi dari sistem sosial, ekonomi, politik dan budaya. Sedangkan pem­bangunan ekonomi merupakan bagian dari proses pembangunan yang mencakup usaha-usaha suatu masyarakat untuk mengembangkan kegia­tan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan. Hal itu berarti pem­bangunan ekonomi dapat diartikan pula sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan riil per kapita suatu masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Selain peningkatan produksi dan pendapatan proses tersebut juga akan membawa perubahan mendasar dalam struk­tur ekonomi masyarakat.

Perubahan struktur ekonomi pada umumnya ditandai dengan pergeseran kegiatan ekonomi yang semula lebih banyak pada kegia­tan pertanian kemudian bergeser ke arah industri dan akhirnya ke sektor jasa. Perubahan struktur tersebut merupakan suatu proses yang terkait dan runtut dari satu tahap ke tahap lain sesuai dengan kemampuan dan kehendak masyarakat. Dalam upaya itu diper­lukan adanya pemupukan sumber-sumber pembangunan dan proses alokasi serta pendayagunaan secara optimal. Sumber-sumber pemban­gunan semestinya berasal dari surplus yang diciptakan oleh ma­syarakat melalui kegiatan ekonomi yang diwujudkan dalam pembentu­kan modal untuk merangsang produksi lebih tinggi secara berkesi­nambungan.

Produksi yang tinggi akan menciptakan pendapatan yang tinggi pula, yang pada gilirannya akan merangsang peningkatan dan pergeseran pola konsumsi masyarakat. Dengan terpenuhinya kebutu­han pangan, maka peningkatan konsumsi akan mengambil bentuk peningkatan konsumsi non-pangan baik barang olahan maupun jasa­jasa. Proses ini menandai terjadinya alokasi sumber daya dan dana yang relatif besar ke sektor industri manufaktur yang biasanya di barengi dengan perubahan kuantitas dan kualitas serta komposisi faktor produksi dan pengembangan teknologi. Selain itu akan terjadi pula spesialisasi dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi baik antar sektor dan unit usaha maupun dalam tiap unit usahal. Selan­jutnya peningkatan dan pergeseran pola konsumsi masyarakat akan merangsang peningkatan tingkat produksi dan meningkatkan investa­si. (selengkapnya DOWNLOAD here)

0 komentar: