Senin, September 08, 2008

LAPORAN Co. SLK KAB. LOMBOK TIMUR JUNI 2008

PENDAHULUAN
Kegiatan LSM pada bulan Mei 2008 difokuskan pada Pelatihan FD Tahun 2008 (Fase 1 dan Fase 2), Identifikasi dan Pemantapan (Pemilihan) KID di 6 desa P4MI Tahun 2008, dan Pelatihan KID Tahun 2008. Kegiatan-kegiatan lain seperti pendampingan kelompok tani yang menjadi tugas dan tanggungjawab SLK dan FD tetap dilaksanakan dengan koordinasi dan pemantauan oleh Koordinator SLK. Kegiatan lain di luar tugas pokok LSM pada bulan Juni 2008 adalah menghadiri acara pembukaan Pelatihan Agribisnis Perdesaan bagi Petani, dan Pelatihan Teknologi Pertanian bagi FD dan Pengurus KID, dimana kedua pelatihan ini diselenggarakan oleh BPTP NTB.
Hasil pelaksanaan tugas Koordinator SLK sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah digariskan dalam TOR, adalah seperti diuraikan berikut ini.

PELATIHAN FD TAHUN 2008
Pelatihan bagi FD implementasi tahun 2008, dilaksanakan dalam dua tahap (fase), yaitu :
  1. Pelatihan FD Tahun 2008 Fase 1, dilaksanakan pada tanggal 3-6 Juni 2008, bertempat di Sekretariat YP3M Lombok Timur di Selong.
  2. Pelatihan FD Tahun 2008 Fase 2, dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juni 2008, bertempat di Sekretariat YP3M Lombok Timur di Selong.
Peserta pelatihan adalah Fasilitator Desa (FD) dari 6 desa P4MI implementasi tahun 2008. Jumlah peserta 12 orang, masing-masing 2 orang FD dari setiap desa.
Tutor dan Fasilitator Pelatihan terdiri dari Kabid Ekonomi Bappeda dan PIU P4MI, Koordinator SLK, Konsultan (DLO dan DME), dan Tim Fasilitator YP3M. Pada Pelatihan FD Fase 1, hadir juga Team Leader LSM P4MI (Ir. Meidy Syaflan, MP) dan ikut memberikan pembekalan dan motivasi kepada para FD.
Materi pelatihan pada pelatihan FD Fase 1 diarahkan untuk memberikan kompetensi dasar seorang fasilitator dalam mendampingi KID dan petani di desa P4MI, seperti teknik dan keterampilan memfasilitasi, Partisipatory Rural Appraissal, kerjasama, dan sebagainya. Setelah mengikuti pelatihan FD Fase 1, peserta pelatihan melakukan pendalaman di desa masing-masing, yang kemudian akan menjadi bahan dalam Pelatihan FD Fase 2.
Pelatihan FD Fase 2 memberikan bekal kepada FD tentang tugas pokok dan fungsi yang akan dilaksanakan FD, seperti pemahaman tentang Gender Dissagregated Cashflow, pendalaman tentang P4MI, pendampingan KID, revitalisasi dan pendampingan kelompok tani, inovasi teknologi pertanian dan pemasaran hasil, dan sebagainya.
Metode pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan, dengan mengedepankan prinsip partisipatif dan prinsip pendidikan orang dewasa. Dari hasil pre-test dan pos-test, pemahaman FD terhadap materi pelatihan baik pada Fase 1 maupun pada Fase 2 menunjukkan hasil baik sampai dengan sangat baik.

IDENTIFIKASI DAN PEMANTAPAN KID TAHUN 2008
Kegiatan P4MI di 6 desa tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2007, mulai dari pemilihan FD, pembentukan KID, sampai dengan penyusunan Proposal Rencana Investasi Desa (RID). Kegiatan tersebut difasilitasi oleh SLK dari LSM Lokal (YP3M Lombok Timur) , akan tetapi kegiatan tersebut belum dilaporkan oleh LSM Lokal dan LSM Nasional karena pelaksanaan kegiatan pendampingan tersebut hanya membantu program PIU/Bappeda Lombok Timur. Oleh karena itu, perlu dilakukan verifikasi proses yang telah dijalankan tersebut, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan Panduan Umum Pemberdayaan Petani P4MI yang dikeluarkan LSM Nasional.
Kegiatan verifikasi proses pendampingan desa-desa P4MI Tahun 2008, diawali dengan Identifikasi dan Pemantapan (Pemilihan) FD di 6 desa lokasi P4MI Tahun 2008 pada bulan Mei 2008, kemudian dilanjutkan dengan Identifikasi dan Pemantapan (Pemilihan) FD di 6 desa lokasi P4MI Tahun 2008 pada minggu kedua bulan Juni 2008. Kegiatan ini dilaksanakan oleh SLK dan dibantu FD masing-masing lokasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa dan perangkat desa, Kepala Dusun, Tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama, tokoh wanita dan pemuda, Pekasih, dan anggota Kelompok Tani.
Dari hasil Identifikasi dan Pemantapan (Pemilihan) KID, disimpulkan bahwa : (1) Proses pemilihan KID telah sesuai dengan Panduan Umum Pemberdayaan Petani P4MI yang dikeluarkan LSM Nasional, (2) Masyarakat menyetujui hasil pemilihan FD terdahulu, dan (3) KID telah siap untuk melaksanakan perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan pengembangan investasi desa yang dibangun dengan dari dana P4MI, swadaya masyarakat dan sumber-sumber lainnya.

PELATIHAN KID TAHUN 2008
Pelatihan bagi FD implementasi tahun 2008 dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 16-20 Juni 2008, bertempat di Sekretariat YP3M Lombok Timur di Selong. Pada tahun-tahun sebelumnya, pelatihan KID dilaksanakan di Korwil/Kluster masing-masing, akan tetapi pada tahun 2008 ini pelaksanaan pelatihan dipusatkan di Kabupaten, dengan pertimbangan peserta hanya berasal dari 6 desa.
Peserta pelatihan adalah pengurus Komite Investasi Desa (KID) dari 6 desa P4MI implementasi tahun 2008. Jumlah peserta 30 orang, masing-masing 5 orang pengurus KID dari setiap desa. Tutor dan Fasilitator Pelatihan terdiri dari Kabid Ekonomi Bappeda dan PIU P4MI, Koordinator SLK, Konsultan (DLO dan DME), dan Tim Fasilitator YP3M. Metode pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan, dengan mengedepankan prinsip partisipatif dan prinsip pendidikan orang dewasa.
Materi pelatihan KID diarahkan untuk memberikan bekal bagi pengurus KID dalam merencanakan, membangun, memanfaatkan, memelihara dan mengem-bangankan investasi desa dari dana yang berasal dari P4MI (ADB Loan), Pemerintah Daerah, swadaya masyarakat, dan sumber dana lainnya. Mengingat para pengurus KID Tahun 2008 telah menyelesaikan tahapan perencanaan RID dan saat ini sedang menunggu pencairan dana tahap 1, bahkan kesemua KID sudah memulai pekerjaan pendahuluan, maka dalam pelatihan ini lebih banyak berupa diskusi tukar pengalaman antar pengurus KID. Pada hari terakhir pelatihan, peserta diajak mengikuti kunjungan lapangan ke desa yang telah berhasil membangun dan mengembangkan investasi desa, yaitu ke Desa Rarang Kecamatan Terara dan Desa Jenggik Utara Kecamatan Montong Gading.

PELAKSANAAN INVESTASI DESA TAHUN 2008
Kegiatan investasi desa di 6 desa P4MI implementasi 2008 pada bulan Juni sudah memasuki kegiatan konstruksi, meskipun kegiatan pendahuluan telah dilakukan KID sejak awal tahun 2008. Dana P4MI tahap 1 sebesar 40 % dari total dana telah diterima oleh KID pada pertengahan bulan Juni 2008. Kegiatan yang dilaksanakan SLK dan FD dalam memfasilitasi KID adalah :
  1. Membantu KID menyusun Rencana Penggunaan Uang (RPU) dari dana tahap 1.
  2. Memfasilitasi pembentukan Panitia Pembangunan/Kelompok Kerja bersama-sama KID dan Pemerintah Desa.
Kegiatan yang dilaksanakan KID pada bulan Juni 2008 adalah :
  1. KID Rakam, membangun saluran irigasi dengan volume 396,03 m3, kegiatan yang telah dilaksanakan berupa pembersihan lokasi, dan pada minggu ketiga Juni sudah memulai penggalian saluran
  2. KID kelayu Utara, membangun jalan usahatani sepanjang 2000 m, kegiatan yang telah dilaksanakan berupa pembukaan badan jalan, dan akan dilanjutkan dengan pembuatan talud.
  3. KID Bagik Payung Selatan, membangun saluran irigasi sepanjang 1.100 m, kegiatan yang telah dilaksanakan berupa pembersihan lokasi.
  4. KID Sugian sudah membuka jalan usahatani sepanjang 1000 m yang akan dilanjutkan dengan pentaludan, serta akan membangun 3 unit cekdam.
  5. KID Jerowaru membuka jalan usahatani dan saluran irigasi sepanjang 1300 m. Sampai pertengahan Juni, jalan telah dibuka sepanjang 1300 m dan kemungkinan akan diperpanjang sampai 3000 m.
  6. KID Bilok Petung, membangun jalan usahatani sepanjang 1750 m, dan kondisi terakhir badan jalan telah dibuka dan akan dilanjutkan dengan pentaludan.

PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI
Kegiatan pendampingan Kelompok Tani di desa-desa P4MI yang telah selesai melaksanakan kegiatan investasi desa dilaksanakan oleh FD. Beberapa kegiatan yang dilaporkan FD dan SLK antara lain :
Pertemuan petani anggota Kelompok Tani Timba Gaguk dan Kelompok Tani Al Istiqomah Desa Aikmel pada tanggal 12 Juni 2008, membahas teknologi budidaya padi melalui pendekatan PTT. Narasumber dari BPTP NTB, dan dihadiri juga oleh PPL, FD dan SLK.
Revitalisasi Kelompok Tani Harapan Masa, Dusun Mudung Timuq, Desa Kerumut. Kegiatan inisiasi diawali dengan pertemuan anggota KT Harapan Masa dengan FD dan PPL pada tanggal 19 Juni 2008. KT Harapan Masa sudah satu tahun terakhir tidak aktif mengadakan pertemuan, padahal KT ini pernah menjadi Juara II Insus Jagung tingkat Propinsi NTB. FD dan PPL memotivasi anggota KT untuk mengaktifkan kembali kelompoknya.

PENUTUP
Kesimpulan
Setelah tahap persiapan kegiatan pada bulan April 2008, dan tahap pemantapan pada bulan Mei 2008, aktifitas Koordinator SLK pada bulan Juni 2008 adalah melaksanakan pelatihan bagi FD dan pengurus KID tahun 2008. Kegiatan pembangunan investasi oleh KID pada bulan Juni sudah memasuki konstruksi dengan keluarnya dana tahap 1 pada pertengahan Juni 2008.

Rencana Tindak Lanjut.
Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan bulan Juli 2007 adalah seperti pada Lampiran, dimana kegiatan bulan Juli 2008 difokuskan untuk penguatan kelompok tani.

0 komentar: